DANDIM 1414/TATOR HADIRI INISIASI PEMBENTUKAN FPRB

KODIM 1414 – Komandan Kodim 1414/Tator yang diwakili Danramil – 02, Kapten Inf Yunus Mande Matasik Kamis 02 Februari 2017 pukul 08.30 wita, mengahadiri undangan Inisiasi Pembentukan Forum PRB di Rumah Doa Jl. Ahmad Yani No 81 Rantepao Kab Torut. Dari hasil kajian Risiko Kerentanan dan Kapasitas yang dilaksanakan oleh Program SOLIDARITAS di Kabupaten Toraja Utara based on Data Pelaporan Kejadian Bencana Tahun 2013-2016 dari BPBD Toraja Utara, dan Baseline Survey CWS Indonesia serta Kajian risiko Inanta bersama CWS 2016 bahwa ancaman yang paling mungkin terjadi darurat bencana di wilayah tersebut khususnya di wilayah pegunungan adalah ancaman Longsor.

Pada kenyataanya sudah cukup banyak pelaku penanggulangan bencana dan penggiat adaptasi iklim Kab. Toraja Utara, baik di tingkat pemerintahan, sector swasta maupun masyarakat yang telah melakukan kerja-kerja kongkrit penaggulangan bencana. Hingga saat ini organisasi di Kab. Torut yang kerap kali membantu dalam tanggap darurat diantaranya PMI, SAR,TNI-Polri dan Tagana. Guna mengsinergikan fase kesiapsiagaan dan tanggap darurat maka kelompok dan jaringan sosial pemerhati bencana baik ditingkat local maupun kabupaten dipandang perlu menggabungkan unsur dan kelompok pada suatu wadah yang disebut dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana.

Dalam Rapat pembentukan FPRB Kab Torut tersebut bertujuan untuk membangun komitmen bersama dalam rangka mendorong ketangguhan warga Kab. Torut menghadapi dan mengola risiko bencana sebagai bagian dari system kehidupan masyarakat pedesaan, mensinergikan sumberdaya para pemangku kepentingan penaggulangan bencana dan menyamakan persepsi visi misi tujuan pembentukan FPRB.

Komandan Kodim 1414/Tator yang diwakili Danramil – 02, Kapten Inf Yunus Mande Matasik sangat mengharapkan bahwa dalam Inisiasi Forum PRB ini dapat terjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama dari para tokoh kunci (stakeholders) yang merupakan bagian dari pelaku PRB di daerah.

Dalam acara tersebut dihadiri 48 orang undangan yang terdiri dari perwakilan masing-masing bagian dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan dan perkenalan
  2. Pengantar tentang Forum PRB
  3. Sambutan
  4. Coffee/tea break
  5. Presentasi dan Diskusi tentang FPRB
  6. Identifikasi Inisiator PRB dan Rencana Program
  7. Penyusunan Draf
  8. ISHOMA
  9. Lanjut Penyusunan Draf Dokumen
  10. Paparan Dokumen Draf dari Tim Inisiator
  11. Penutup

About kodim1414

Check Also

CEGAH PENULARAN COVID-19 PERSONIL BARU JAJARAN KODIM 1414/TATOR IKUT RAPID TEST

Mengantisipasi penyebaran Covid-19, sebanyak 25 personel baru Kodim 1414/Tator mengikuti pemeriksaan rapid test. Pemeriksaan rapid test …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.