BUDIDAYA TANAMAN PORANG DI WILAYAH TERITORIAL KODIM 1414/TATOR

Rantepao, Kodim 1414/Tator | Pengembangkan Budidaya Tanaman Porang di wilayah teritorial Kodim 1414/Tator khususnya di koramil 1414-02/Rantepao, guna mengoptimalkan program ketahanan pangan & kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Toraja Utara, Jumat (23/10/2020).

“lettu Inf Alwy sebagai Danramil 02/Rantepao mengatakan “Tanaman Porang masuk dalam jenis umbi-umbian dan juga termasuk ke dalam jenis tanaman obat. Kandungan glukomanan yang dimilikinya menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh”.

Untuk bibitnya, biasa digunakan dari potongan umbi batang, maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung, ucarnya.

“Manfaat  tanaman Porang untuk kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu, mengendalikan kadar kolesterol, mengatasi sembelit, merawat kesehatan kulit, membantu menjaga berat badan, mencegah dan mengatasi diabetes, menurunkan darah tinggi dan mencegah kanker, khususnya kanker usus”, ungkapnya.

Selain itu, “Tanaman Porang selain untuk kesehatan, memiliki manfaat lain seperti, bahan baku tepung, digunakan untuk pembuatan kosmetik, bisa digunakan sebagai penjernih air dan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan”,terangnya

Kami berharap budidaya menanam porang ini dilakukan untuk membantu dan mengajak masyarakat desa binaan untuk mengantisipasi kelangkaan pangan ditengah pandemi covid-19 saat ini.

About kodim1414

Check Also

BABINSA KORAMIL 03/RINDINGALLO BERSAMA MASYARAKAT MELAKSANAKAN KEGIATAN KERJA BAKTI PEMBUATAN TALUD.

Rantepao, Kodim 1414/Tator | Babinsa Koramil  03/Rindingallo Sertu J.Tandi Bone bersama masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan talud …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.